Kamis, 14 April 2011

Profesi Bidang IT Negara Indoneisa dan Perbandingannya dengan Negara Lain

Tugas Etika & Profesionalisme TSI
Nama : Dwi Yuliani
Npm : 10107549
Kelas : 4 Ka 01

Berikut ini merupakan 10 jenis profesi di bidang IT beserta tugasnya di Negara Indonesia.

1) Teknisi Komputer
Seorang arsitek perangkat lunak yang memiliki fokus pada interaksi antara perangkat lunak dan program serta komponen perangkat keras pendukungnya. Teknisi komputer memiliki tugas antara lain :
- Merakit komputer (dapat ditemui di toko komputer).
- Memasang jaringan dan infrastruktur IT lainnya (petugas lapangan).
- Memelihara komputer yang terdapat diperusahaan yang menyangkut hardwarenya maupun software sistem operasinya seperti printer, kabel, instalasi program, trouble shooter.

2) Programmer
Programmer adalah orang yang menulis kode program untuk suatu aplikasi tertentu berdasarkan rancangan yang dibuat oleh system analyst (lebih memahami teknologi komputer). Programmer memiliki tugas antara lain :
- Membangun software atau aplikasi, baik itu di internal organisasi atau outsource.
- Tanggungjawab pemrogram terbatas pada pembuatan program komputer.
- Pengetahuan programer cukup terbatas pada teknologi komputer, system komputer, utilitas dan bahasa-bahasa program yang diperlukan.
- Pekerjaan programer sifatnya teknis dan harus tepat dalam pembuatan
instruksi-instruksi program.
- Pekerjaan programer tidak menyangkut hubungan dengan banyak orang,terbatas pada sesama pemrogram dan analis sistem yang mempersiapkan rancang bangun (spesifikasi) program.
- Membuat halaman web dengan multimedia
- CGI programming

3) System Analyst
System Analyst adalah orang yang menganalisis sistem dengan mempelajari masalah-masalah yang timbul dan menentukan kebutuhan-kebutuhan pemakai serta mengidentifikasikan pemecahan yang beralasan (lebih memahami aspek-aspek bisnis dan teknologi komputer). Biasanya untuk menjadi system analyst harus dimulai dari pengalaman menjadi programmer dulu, meskipun terdapat beberapa company yang langsung meng-hire fresh graduate menjadi system analyst karena company tersebut memang bergerak di level analyst. Nama lain dari system analyst yaitu system designer, business analyst, system consultant, system engineer, software engineer, sistem analyst programmer, information system engineer. System analyst memiliki tugas antara lain :
- Menerjemahkan user requirement menjadi rancangan sitem, dari logical database sampai user interface.

4) Administrator
Administrator adalah seseorang yang bertugas untuk mengurusi hal-hal administrasi. Terdapat beberapa tipe administrator yang dimaksud yaitu administrator database, administrator operating system, administrator jaringan, dan administrator aplikasi (misal ERP). Masing-masing memiliki keahlian spesifik dibidangnya dan bahkan sertifikasi khusus untuk masing-masing teknologi, seperti Microsoft, Cisco, Oracle, dll. Sertifikasi ini menjadi salah satu tolak ukur bagi perusahaan dalam meng-hire orang-orang diposisi ini. Berikut ini masing-masing tugas dari administrator :
- Database Administrator
Database Administrator berkorelasi dengan sertifikasi ANTA ICA40299. Tugas database administrator yaitu memonitor dan administer sebuah database. (ANTA: ICAITS125A)
- System Administrator
Tugas system administrator, antara lain menghubungkan perangkat keras (ANTA: ICAITS014B), melakukan instalasi Microsoft Windows, melakukan instalasi Linux, memasang dan mengkonfigurasi mail server, ftp server, web server serta memahami Routing.
- Network Administrator
Tugas system administrator, antara lain menghubungkan perangkat keras. (ANTA: ICAITS014B), administer dan melakukan konfigurasi sistem operasi yang mendukung network (ANTA: ICAITS120A), administer perangkat network (ANTA: ICAITS121A), memahami routing, mencari sumber kesalahan di jaringan dan memperbaikinya (ANTA: ICAITS122A), mengelola network security (ANTA: ICAITS123A), monitor dan administer network security (ANTA: ICAITS124A).

5) Security Administrator
Di beberapa perusahaan besar terdapat fungsi khusus untuk mengelola security sebagai bagian dari IT Governance untuk terciptanya segregation of duties. Security administrator memiliki tugas antara lain :
- Mengelola user access.
- Mengelola konfigurasi security.

6) IT Consultant atau Compliance
Terdapat beberapa turunan dari bidang pekerjaan ini. Berikut ini tugas dari masing-masing turunan IT consultant atau compliance yang diantaranya adalah :
- IT auditor, melakukan evaluasi dan rekomendasi atas lingkungan IT di sebuah perusahaan. Sertifikasi yang terkait dengan hal ini adalah CISA, CGEIT dan CIA.
- Security consultant, melakukan evaluasi dan rekomendasi khusus untuk keamanan IT di sebuah perusahaan. Sertifikasi yang terkait dengan hal ini adalah CISSP, CISM, dan SANS.
- IT compliance, melakukan evaluasi atas kepatuhan lingkungan IT suatu perusahaan terhadap beberapa regulasi yang terkait dengan perusahaan tersebut baik itu dari internal maupun external.
- Penetration tester, melakukan evaluasi atas keamanan suatu sistem dengan cara mencoba menerobos seperti seorang hacker. Sertifikasi yang terkait adalah CEH dan CHFI. Meskipun demikian, pengalaman dan knowledge hacking lebih diutamakan untuk menjadi profesi ini.

7) IT Art atau Designer
Pekerjaan yang terkait dengan bidang ini adalah web designer, image designer, dan animator (2D/3D). Disini sangat dibutuhkan orang-orang yang memiliki jiwa seni yang tinggi, karena memang pekerjaan ini akan mengutamakan dari sisi art. Meskipun seseorang bisa menggunakan tools spt Adobe Photoshop, Macromedia Dreamworks, 3D animation tool dan lainnya, namun tidak akan ada gunanya jika mereka tidak memiliki jiwa seni. IT art atau designer memiliki tugas antara lain :
- Menangkap digital image
- Membuat halaman web dengan multimedia

8) Data Analyst
Orang yang termasuk di bidang ini seperti data analyst untuk revenue assurance, data analyst untuk fraud investigator, atau juga data analyst untuk MIS. Keahlian yang dibutuhkan adalah kemampuan menggunakan tools pengolahan data, seperti ACL, IDEA, dan lainnya. Data analyst memiliki tugas antara lain :
- Mengolah data dan memberikan hasil analisa terhadap olahan data tersebut.

9) Technical Support
Technical support memiliki tugas antara lain :
- Menghubungkan perangkat keras.
- Melakukan instalasi Microsoft Windows
- Melakukan instalasi Linux
- Mencari sumber kesalahan di jaringan dan memperbaikinya
- Penggunaan perangkat lunak Internet berbasis Windows seperti Internet Explorer, telnet, ftp, IRC.
- Memasang dan konfigurasi mail server, ftp server, web server

10) Systems Engineer
Systems Enginner memiliki tugas antara lain :
- Menyediakan rancangan sistem dan konsultasi terhadap pelanggan
- Memberikan respon terhadap permintaan technical queries serta dukungannya
- Melakukan pelatihan teknis ke pelanggan dan IT administrator.

11) Analyst Programmer
Analyst programmer memiliki tugas antara lain :
- Merancang kode program
- Membuat kode program
- Menguji program untuk mendukung perencanaan pengembangan aplikasi sistem.

12) IT Manager
IT Manager memiliki tugas antara lain :
- Mengatur kelancaran dari sistem IT, troubleshooting
- Membantu organisasi dalam menangani permasalahan IT, dan sesuai dengan pengembangan IT yang baru dalam bidang yang diperlukan.

Berikut ini merupakan jenis profesi di bidang IT di Negara Singapura.

Pada model Singapore juga dilakukan pembagian berdasarkan tingkatan senioritas. Misal pada System development dibagi menjadi:
1) Programmer
2) Analyst/Programmer
3) Senior Analyst/Programmer
4) Principal Analyst/Programmer
5) System Analyst
6) Senior System Analyst
7) Principal System Analyst


Berikut ini merupakan jenis profesi di bidang IT di Negara Malaysia.

Model Malaysia ini mirip dengan model Singapore, juga membedakan posisi pekerjaan pada berbagai sektor bisnis. Tetapi berbeda dalam melakukan ranking senioritas, misal untuk System Development:
1) Programmer
2) System Analyst/Designer
3) System Development Executive

Berikut ini merupakan jenis profesi di bidang IT di Negara Inggris.
Model British Computer Society (BCS) untuk model BCS pekerjaan diklasifikasikan dalam tingkatan sebagai berikut :
Level 0 . Unskilled Entry
Level 1 . Standard Entry
Level 2 . Initially Trainded Practitioner
Level 3 . Trained Practitioner
Level 4 . Fully Skilled Practitioner
Level 5 . Experienced Practitioner/Manager
Level 6 . Specialist Practitioner/Manager
Level 7 . Senior Specialist/Manager
Level 8 . Principal Specialist/Experienced Manager
Level 9 . Senior Manager/Director

Berikut ini merupakan  jenis profesi di bidang IT beserta tugasnya di Negara Amerika Serikat.
1) Network Administrator
Network Administator memiliki tugas antara lain :
- Bertanggung jawab untuk menyiapkan, menginstalasi
- Memonitor jaringan LAN dan WAN
- Melakukan berbagai evaluasi, pemeliharaan, instalasi, dan tugas-tugas pelatihan untuk memastikan kinerja jaringan komputer perusahaan dan memenuhi kepuasan pengguna.

2) IT Manager
IT Manager memiliki tugas antara lain :
- Mengawasi semua staff di departemen IT
- Memberikan bimbingan, arahan dan pelatihan kepada karyawan junior terutama pada berbagai tugas yang mungkin sulit mereka lakukan.
- IT manager juga menerapkan sistem keamanan IT dalam organisasi untuk memastikan keamanan data dan sistem IT, mengawasi organisasi sistem WAN, mengawasi pengelolaan dan pemeliharaan stasiun kerja komputer, mengawasi pelatihan staff untuk memastikan mereka mampu menggunakan software dan hardware komputer secara kompeten, memberikan dukungan dalam mengatasi masalah-masalah komputer, mengawasi penyimpanan yang tepat dari semua data perusahaan dan pengarsipan record dan back up, serta menyediakan dukungan teknis kepada karyawan ahli komputer lain dalam organisasi.
- IT manager berinteraksi dengan klien setiap hari untuk dpat melihat dan memahami masalah IT mereka dan memberikan solusi yang kompeten untuk masalah tersebut. IT manager memastikan sistem berjalan lancar dan efisien dari semua sistem IT dalam organisasi, menjaga informasi karyawan pada perubahan berbagai teknologi yang sedang berlangsung dalam organisasi, berkomunikasi dengan manajemen puncak dalam hal isu-isu terkait IT, serta mengidentifikasi sistem komputer baru dan trend di pasar sehingga status organisasi IT selalu berada pada barisan terdepan.
- IT manager mengorganisasi dan memimpin rapat tim, menjaga timya termotivasi dan membantu mereka untuk memenuhi tujuan perusahaan, memastikan bahwa persyaratan perizinan standar lokal terpenuhi dan dipenuhi, dan hadir dengan anggaran untuk departemen dan mengimplementasikannya.

3) Database Administrator
Database administator memiliki tugas antara lain :
- Bekerja sama dengan profesional komputer lain seperti analis data, web peveloper dan programer komputer.
- Database Administrator mengidentifikasi kebutuhan klien dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan melalui data penelitian yang tepat, mengumpulkan data, mengorganisasikannya, dan mengelolanya.
- Database Administrator mengembangkan database komputer dan mengaturnya, termasuk menulis instruksi yang tepat melalui bahasa pemrograman komputer untuk mengumpulkan dan memilah data yang relevan.
- Database Administrator memastikan bahwa sistem komputer dan database bekerja dengan baik sebagaimana mestinya, hal ini dikenal sebagai database performance tuning.
- Database Administrator menguji sistem database untuk memastikan bahwa mereka bekerja dengan benar, memastikan mem-back up data yang dilakukan secara berkala dalam kasus data akan hilang atau hancur, memulihkan data yang hilang atau rusak, serta memastikan integritas dan keamanan data yang dikumpulkan. Apabila terjadi masalah dalam database, Database Administrator memperbaikinya untuk memastikan berfungsinya sistem, mengawasi dan mengendalikan sumber data dalam sebuah organisasi.
- Database Administrator memastikan bahwa data yang dibutuhkan selalu tersedia bagi mereka yang membutuhkan sehingga orang yang tepat selalu dapat menemukan data yang benar ketika mereka membutuhkannya, dan menghabiskan banyak waktu di depan komputer.

4) Programmer Analyst
Programmer analyst memiliki tugas antara lain :
- Hanya menulis, memodifikasi dan me-review software komputer.
- Programmer Analyst bertanggung jawab untuk menginterprestasi coding pekerjaan Software Engineer dan menjalankannya dengan sebuah komputer, mengujinya, meng-encoding, mendokumentasikan, dan men-debug program.

5) Software Engineer
Software engineer memiliki tugas antara lain :
- Sedang dalam permintaan yang besar dalam berbagai sektor industri IT.
- Software Engineer bertanggung jawab untuk pengembangan software baru dan meningkatkan kemampuan software yang sudah ada.
- Lebih banyak peluang terbuka untuk Software Engineer dan Software Developer dalam industri lain karena mereka membuka diri terhadap meningkatnya penggunaan komputer dalam melaksanakan tugas-tugas penting. Saat ini, Software Engineer dapat ditemukan dalam produksi dan sektor jasa.

6) Project Manager
Project manager memiliki tugas antara lain :
- Memastikan bahwa instalasi sistem yang terdiri dari hardware komputer dan jaringan bersama dengan software sistem dan aplikasi membuat keutuhan sinergis yang memungkinkan bisnis untuk mendapatkan manfaat dari keuntungan yang dijanjikan tersebut. Seringkali terdiri dari tim departemen user, wakil perusahaan departemen IT, komputer dan vendor jaringan, software OS dan vendor database dan vendor aplikasi,
- IT Project Manager membawa semua sumber daya yang diperlukan bersama-sama untuk komisi sistem baru dalam waktu singkat dan dengan biaya minimal bagi perusahaan.

7) System Engineer
System engineer memiliki tugas antara lain :
- Tanggung jawab utama dari System Engineer adalah memastikan bahwa semua sistem perusahaan berfungsi dengan lancer
- Memastikan bahwa setiap karyawan perusahaan semakin mampu untuk data tertentu, dan memastikan bahwa departemen IT perusahaan berjalan lancar.


Sumber :
http://wisnums.wordpress.com/2009/03/15/jenis-pekerjaan-di-bidang-it/
http://learning96.blogspot.com/2007/05/pekerjaan-dalam-bidang-it.html
http://permalink.gmane.org/gmane.org.region.indonesia.itcenter/24669
http://www.blogster.com/nybudi/analis-sistem-dan-programmer
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_komputer
http://id.wikipedia.org/wiki/Administrator
Hari Soetanto, Information Technology, Jakarta, Desember 2006
Bagio Budiardjo, Komputer dan Masyarakat, Elex Media Komputindo, 1991
http://staff.ui.ac.id/internal/130517305/material/Ethic-2009-a.ppt
http://andriksupriadi.wordpress.com/2010/05/30/jenis-jenis-profesi-di-bidang-it/
http://www.samplejobdescriptions.org/it-job-descriptions.html
http://www.samplejobdescriptions.org/network-administrator-job-description.html
http://www.samplejobdescriptions.org/it-manager-job-description.html
http://www.samplejobdescriptions.org/database-administrator-job-description.html
http://www.samplejobdescriptions.org/programmer-analyst-job-description.html
http://www.samplejobdescriptions.org/software-engineering-job-description.html
http://www.samplejobdescriptions.org/project-manager.html
http://www.samplejobdescriptions.org/systems-engineer.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar